Selasa, 18 Mei 2010

6 Mitos yang menyesatkan, Ketahuilah Faktanya demi Kesehatan Anda

Banyak sekali mitos yang akrab ditelinga kita. Tetapi, benarkah faktanya ? berikut beberapa mitos diantaranya :
1. Makan malam membuat gemuk.
Fakta : Penyebab kegemukan didasari dari banyaknya kalori yang masuk ketubuh melebihi takaran asupan yang diperlukan tubuh. Setiap orang memiliki kebutuhan asupan kalori yang berbeda. Asal tidak melebihi takaran tersebut, makan di malam hari tidak membuat gemuk.

2. Penutup makanan seperti buah-buahan dimakan setelah makanan utama.

Fakta : Buah-buahan mampu menyeimbangkan kadar PH dalam sistem tubuh. Beberapa contoh buah seperti pisang bahkan bekerja maksimal melancarkan buang air besar ketimbang dimakan sesudah makan nasi, daging, dll. Dengan kandungan buah-buahan yang memiliki karbohidrat pun berguna untuk membatasi konsumsi nasi dan lauk pauknya.

3. Tidur kurang dari 8 jam merusak kesehatan.
Fakta : Penelitian dari America Cancer Sociaty 1982-1988 tentang aktivitas tidur masyarakatnya membuktikan bahwa orang yang tidur 8 jam sehari memiliki resiko kematian 17 % sedang orang yang tidur 7 jam sehari memiliki resiko kematian 12 %. Orang yang kekurangan tidur juga memiliki resiko kematian namun persentasenya lebih kecil. Mengapa ? Hal ini sama saja jika diandaikan dengan orang yang makan melebihi kapasitas yang diperlukan tubuh. Bahkan petinggi-petinggi seperti Bung Karno, Bung Hatta atau Elbert Einstein pun yang tidurnya kurang dari 2-3 jam tidak memiliki masalah kesehatan berarti seputar tidurnya.

4. Tubuh membutuhkan 8 gelas perhari.

Fakta : Jatah air setiap tubuh manusia berbeda-beda. Tidak mungkin kebutuhan air seorang atletis disamakan dengan bayi atau orang yang sering tidur. Kandungan air pada orang dewasa sekitar 75% dan didapat tidak hanya ketika kita minum saja. Saat kita makan nasi, makan sayur dan buah pun kita sudah mendapatkan air. Jangan memaksakan tubuh untuk menkonsumsi air secara berlebihan. Hal tersebut dapat memaksa ginjal menyaring melebihi kapasitas maksimumnya. Tentu hal ini sangat berbahaya dan beresiko bocornya filter air anda.

5. Gigi atas dicabut menyebabkan buta.

Fakta : Syaraf gigi geligi atas berbeda dengan syaraf mata. Bila seseorang sakit gigi karena ada lubang giginya pada gigi atas, jalan infeksinya memang dapat mencapai pipi hingga mata. Namun pencabutan gigi atas tidak akan menyebabkan kebutaan.

6. Minum minuman bersoda mempercepat durasi menstruasi
.
Fakta : Tidak ada penelitian yang membuktikn bahwa minuman bersoda mempercepat durasi menstruasi. Bahkan, kandungan dalam minuman bersoda yang berlebihan jika tidak diimbangi dengan makan teratur dalam penggunaannya dapat menimbulkan luka pada usus, beresiko pada berat badan dan gangguan menstruasi itu sendiri
Ikon ini merupakan link ke situs bookmark sosial dimana pembaca dapat berbagi dan menemukan halaman web baru.
  • Digg
  • Sphinn
  • Delicious
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

    NEGARA-NEGARA YANG MELIHAT MY BLOG

    free counters
     
    Solusi Cerdas Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template